Ngobrol aja!



Kemaren sempet nyobain ke baker’s king di basemant MAL OLYMPIC GARDEN. Awalnya sih pengen nyari ice cream.. tapi di MOG ini ga ada 1 pun yang jual,, *sampai akhirnya saya ngetik ini , saya baru inget ada ice cone yang dijual dilantai dua – oke abaikan* siang itu kami memutuskan untuk ngobrol di baker’s king sambil nunggu jam keberangkatan bus ke surabaya. Tempatnya lumayan enak, dan yang terpenting konseksinya cepeeett.


Pas lagi ngobrol-ngobrol si pacar komentar soal tetek bengek dapur, dan hal-hal yang sebenernya bisa dijadiin nilai tambah disana. Mulai dari  event a-z udah dia bikin.. andai ada managernya,ya kali kita bisa sumbang ide sekaligus dapet gratis makan seumur hidup disana. *Bertobat febii!! Ga inget perut? Bertobat febii!! Ga inget perut?*

Oke SKIP ..

Selama ini saya kebanyakan makan teori di bangku kuliah, bahkan hal-hal menarik tentang komunikasi antar manusia bukan antar mahkluk halus banyak saya pelajari setelah saya lulus dari kuliah. Hal – hal baru yang sangat dasar dan penting serta saya sebut krusial baru saya temukan setelah saya mendapatkan gelar sarjana. Bukan berarti yang saya pelajari di bangku kuliah ga berguna, tapi (ya memang)  yang saya dapatkan diluar nyatanya lebih banyak.

Waktu makan mie setan yang baru-baru ini rame di malang .. saya dan pacar terpaksa berbagi tempat duduk dengan 3 wanita sebut saja ABC. Mereka beneran manusia, bukan sejenis kecap atau saos sambel. Awalnya saya ragu berbagi meja dengan mereka,, Takut ntar ditawarin jadi distributor sambel ABC, atau yang lebih buruk disambel sama mereka=| .. Awalnya sih mikir.. duhhh ntar pasti bakalan canggung dan sebagainya. Tapi karena emang ga ada tempat lagi, si pacar ahirnya memaksa saya untuk duduk dan berbagi meja dengan ABC.


Sinetron dimulai : permisi mbak, kami boleh duduk disini? Dan mereka menjawab dengan ramah serta mempersilahkan saya dan pacar untuk duduk. Setelah itu saya dan pacar ngobrol sendiri.. mereka juga ngobrol sendiri.. agak cangggung sih, tapi saya emang agak ga berani mo mulai pembicaraan. Mo ngomong apa? Apa yang harus saya ceritakan? sejarah hidup saya? Atau saya yang harus mensensus dan mencecar mereka dengan pertanyaan, biar ga canggung? Kalo saya tawarin bisnis MLM ntar mereka kabur =| - *kalo mau ngobrol ga usah kebanyakan mikir*

DAN.. tiba-tiba si pacar membuka topik,, ngobrollah kami ber5 soal mi setan dan tetek bengeknya, mulai dari udah pernah nyoba ramen belom? Sering kesini gak? Kuliah dan tinggal dimana? Dan ..... seterusnya .... sampe mereka kelar makan duluan lalu pamitan. Untungnya mereka ada inisiatif nanya jadinya kami ga terkesan menginterogasi. 

Pacar lebih sering berinteraksi dengan manusia, sedang saya lebih sering berinteraksi dengan tembok. *jangan bilang saya membela diri .. baiklah saya bersalah* Tapi saya seedikit kagum dan bangga sama pacar. Entah dari mana ,, tapi sekarang dia lebih jago ngobrol. Saya makin cinta =]

Segala sesuatu tidak pernah terjadi secara tiba-tiba. Bukan gak bisa tapi emang harus dilatih.. jangan bilang ngobrol itu gampang, kalo ga latihan ya ga bakal bisa.  Jadi sarjana komunikasi tidak membuat seseorang lantas pandai bergaul, pandai bersosialisasi atau pandai beradaptasi. Kalo gak dibiasakan gimana bisa? Kalo ga berani lawan rasa canggung kapan mulainya? Semua perlu latihan .. Bayi tidak bisa tiba-tiba berjalan setelah dilahirkan. Dia harus melihat dan mempraktekan. Tidak ada yang tidak pernah jatuh saat latihan berjalan kan?

Tantang dirimu sendiri untuk ngobrol sama orang asing waktu di mal, di bus, di jalan, atau di halte. Jangan sibuk maen hape *ngaca* . Bandingkan orang-orang jaman dulu dan jaman sekarang. Dulu waktu gak ada hape atau BB .. orang menjadi lebih ramah... suka ngobrol, suka bertanya, suka bercerita, suka berbagi. Beda banget kan sama yang kita lihat sekarang. Kalo dulu waktu ngantri orang pada ngobrol, sekarang orang pada nunduk ngecek hape. Maen game, twitter, facebook .. pantes kan kalo jaman sekarang, mau ngobrol aja musti nanya caranya gimana.

Tapi tenang,,tidak pernah ada kata terlambat selama kita mau berusaha. Mending belajar sekarang daripada ga belajar sama sekali. Palingan agak nyesel aja jadinya kenapa ga mau belajar dari dulu. *huggggs*. Intinya PEDE aja, kalo ngobrol berhasil.. kamu punya temen baru, kalo ngobrolnya garing ya ga bakal malu.. ga mungkin kan kasus ngobrol garing itu masuk ke headline surat kabar. Ya kecuali kamu bener bener SESUATRONN! :p

No comments:

Post a Comment